Recent Posts

Sebuah tuangan isi hati, kenangan, uneg-uneg, cerita suka duka, dan hal-hal lainya yang menyertai perjalanan Devil Gama OSIS Crew

Senin, 03 September 2012

Susah Senangnya Jadi Pengurus OSIS

Aku seneng banget bisa menjadi bagian dari pengurus OSIS, khususnya angkatan Horsa. Jadi inget modus masuk OSIS itu dulu Cuma pengen eksis *jujur*.  Sempet ragu-ragu juga buat daftar OSIS, sebenernya. Tapi karena sepupuku dulu juga pengurus OSIS dan dia bilang mending aku coba daftar dulu aja buat cari pengalaman…. Akhirnya aku daftar OSIS.

Setelah melewati berbagai halangan dan rintangan (salah satunya seleksi baris berbaris selama 2 minggu yang bikin aku item ----tapi juga bikin turun 6 kilo----), akhirnya kepilih deh jadi bagian dari pengurus OSIS angkatan Horsa. Yeay~~~
Susah seneng dijalani bareng-bareng satu angkatan (walaupun udah “mrithili” dari awal). Tingkat kesusahan dan kesedihan saat masih jaid junior maupun udah jadi senior itu Cuma beda tipis. Tipiiiissss buanget! Berikut adalah beberapa “kesusahan” dan juga kebahagiaan (halah) yang dialami angkatan kami:
 
 

KUMPUL WOY, KUMPUL!! *pake toa*
Tiap Kamis dan Sabtu pengurus OSIS angkatan kami wajib mengikuti kumpul rutin, yang mana kegiatannya berupa materi ke-OSIS-an, Paskhas, baris-berbaris, sampai basa-basi(?). Awal-awal sih masih antusias, lama-kelamaan…. Pada bolos. Abisnya bosen juga kan kalau tiap pertemuan gitu-gitu doang. Lagian kayaknya Cuma OSIS SMA 4 yang ngadain kumpul rutin kayak gini, SMA lain ngadain kumpul ya kalau mau ada event. Kita? Lah harus ikut 2 kali kumpul rutin seminggu… Mana kalau pulang awal tetep kumpul lagi -__- Kalau ada yang nggak dateng dengan alasan nggak jelas, satu angkatan dimarahin. Parah banget.
Semula aku mikirnya ini kumpul nggak penting banget sumpah, Cuma materi-baris-materi-baris. Tapi pada akhirnya aku sadar bahwa kumpul rutin ini bertujuan untuk memupuk persaudaraan dan solidaritas satu angkatan, dan juga dengan angkatan atas kita :3
 
 
PBB
Nah ini nih yang bikin tambah males pas jadi junior. Kerjaannya diperintah baris gini gitu, lari sana lari sini, ckck. Udah capek abis sekolah, panas, suruh baris, bikin item lagi. Nggak keren banget T^T. Eits, tapi gara-gara PBB ini juga, aku turun 6 kilo + 4 kilo loh #terharu #jadikurus :D Tapi juga bikin item dan aku sempat tidak diakui kakakku gara-gara aku item(?). Jugaaaaaa….. Angkatanku (yang digabung juga sama angkatan atas kita) menang juara 4 lomba PBB TUB Tingkat Kota Magelang tahun 2009!! YEYEYEYYY!! Nggak sia-sia motong rambut sepanjang pinggang jadi cepak :”
 
 
 
SENIOR YANG “SOK WOW”
Oke. Disini aku nggak akan mengungkapkan siapa saja oknumnya, biar saja kalian yang menebak~~ Jadi gini…. Sering banget ada senior yang kalau ngisi materi (atau sekedar basa-basi di kelas) itu sukanya marah-marah dan seolah bilang “heh kalian ini masih junior, apapun yang kalian lakukan itu salah. Disini gue yang punya kuasa”. Sebagai junior, aku pribadi kadang merasa terintimidasi. Takut kalau aku gini, salah, aku gitu, salah. Serba salah pokoknya jadi junior mah. Ada juga yang kalau ada sei marah-marahin junior di kelas, dia selalu ikut. Tapi kalau lagi ada sesi sharing atau minta maaf, mana ada dia. Hmm. Jengkel banget sama oknum satu ini. Tapi ya sudahlah. Kami junior ini memang serba salah~~

BOLOS PELAJARAN + DAPET DUIT :D
Ini adalah salah satu keuntungan dan kebahagiaan jadi pengurus OSIS. Saat ada event tertentu dimana event tersebut membutuhkan perwakilan dari sekolah (kaya upacara di Pemkot), pengurus OSIS-lah yang diutus. Lumayan bisa bolos pelajaran. Hehe. Dapet diut lagi :3 Walaupun Cuma 6 ribu, lumayan dong udah dapet pulsa 5 rebu. Belum lagi kalau di event tersebut kita bisa dapet snack. Haha lumayan banget gitu~ *pengalaman*

EKSIS
Jelaaaasssssss dong kalo ini adalah salah satu hal yang paling diimpikan setiap insane di sekolah hahaha. Siapa sih yang nggak mau jadi anak eksis dan dikenal oleh setiap warga sekolah (plus sama yang pada jual jajan di luar sekolah hihi)? Kalau masih dalam tahap junior sih ya eksisnya masih di level menengah-kebawah lah. Yang kenal masih sebatas teman seangkatan, beberapa kakak kelas, dan guru-guru. Kadang juga saking eksisnya, lebih sering dipanggil “hey pengurus OSIS” daripada nama aslinya -_-
Satu lagi. Yang bikin bete kalau sudah menyangkut “eksis” adalah saat tugas upacara. Yang tugas itu-itu doang. Yang lain kalau disuruh pada nggak mau, dan Cuma numpang nyanyi biar ikutan eksis -______________________-
Itulah sekelumit kisah saat menjadi junior yang tertindas. Hiks. Tapi baiklah. Mari kita bergabung bersama beberapa fakta menyenangkan, menyedihkan, sekaligus menjengkelkan saat sudah beralih status menjadi seorang senior HAHAHAHAHA *ketawa setan* (pengalaman pribadi penulis  :” )
 

I AM THE BOSS! FOLLOW MY RULES!
Hehehe ampun deh kalau sama yang satu ini. Jujur, akulah oknum dibalik kalimat diatas. HAHAHAHA *ketawa manja ala personel SNSD*. Jadiiiiii…. Pas jadi senior ini kebanyakan aku yang me-manage kegiatan kumpul. Aku yang meminta seksi yang bersangkutan buat gini dan gitu. Nggak jarang juga aku sendiri ynag masuk kelas dan marah-marah. Ada yang nggak masuk dengan alasan nggak jelas, marah. Junior rebut sendiri, marah. Telat masuk barisan, marah. Pokoknya setiap ada aku, pasti ada yang kena marah :p Nggak heran kalau aku menjadi the most glendeng-able alias jadi bahan glendengan adek kelas HAHAHAHAHA *bangga*.
Nggak munafik juga kalau aku juga berubah menjadi senior yang “sok wow”. Karena pada saat menjadi senior itulah, aku menemukan alasan kenapa senior saya dulu juga “sok wow” :p Tapi bentar, jangan salah paham dulu dong. Aku disini marah-marah karena juniornya susah banget diomongin pake kata-kata halus, dan kalau nggak dimarahin, nggak kapok (kenyataannya juga walaupun udah dimarahin tetep aja nggak kapok). Aku juga merasa bahwa aku ikut bertanggungjawab atas apa yang juniorku lakukan pas ikut kegiatan OSIS. Intinya, kemarahanku adalah bentuk dari kasih sayangku pada junior :”)

JUNIOR KEBANYAKAN ALASAN
Rasanya nyesek kalau yang dateng kumpul Cuma dikit. Yang lain, yang pada nggak masuk itu alasannya macem-macem. Dari mulai sakit, les, bahkan sampai bohong dengan sejuta alasan padahal mau pacaran. Ini nih yang bikin aku pribadi males banget. Rasanya pengen nimpuk itu junior kurangajar pake sepatu PDH. Yakin. Kalau ditanyain, pada jawab males lah, nggak boleh sama ortu lah, ini lah, itu lah. Maklum sih, tapi aku bales aja sama jawaban “nanti kalian bakal ngerasain gimana rasanya kalau di posisi saya”. Dan kebukti kan? :p

TEMEN SEANGKATAN NGGAK KALAH BANYAK ALASANNYA
Jengkel banget sih kalau udah gini (perasaan jengkel mulu deh haha). Ada saat dimana kami mengurusi event, pengurusnya pada ngumpul. Kalau pas kumpul rutin sama adek kelas dan rapat? Cuma itu-itu doang yang dateng dan ngasih ide. Padahal nih, aku sangat mengharapkan teman-teman bisa terbuka dan dengan sepenuh hati sadar bahwa kumpul dan rapat itu adalah bagian dari kewajiban kita, serta merupakan bentuk pertanggungjawaban kita sebagai pengurus OSIS. Berkali-kali aku juga menggunakan kalimat-kalimat keras untuk meperingatkan beberapa oknum. Bukan sok kuasa, tapi sekali lagi ini adalah bentuk dari tanggung jawabku sebagai Ketua 2, dan juga bentuk perhatian sebagai sesama pengurus OSIS dan teman. Ada semacam perasaan pengen ngajak berantem kalau udah menyangkut masalah ini. Pas rapat dan persiapan event, nggak dateng. Pas event? Eksis terooosss. Salah satu contoh riil nya adalah saat latihan PBB di liburan semester 1 buat persiapan lomba PBB TUB. Yang dateng? Itu-itu doang. Yang lain? Main. Liburan. Pacaran. Makanya pas semester 2, pas persiapan MOPD, aku gentian deh ninggal mereka liburan. HAHAHA. Aku tinggal seminggu keliling Jabotabek :p Rasanya puassss banget. Sempet daet protes dari yang lain sih, soalnya aku penanggungjawab teknisnya. Hihi. Abisnya nggak pernah ada waktu buat liburan tiap semester. Sibuk ada persiapan event terus -_- Tapi nggak masalah deh, karena mungkin ini adalah bentuk dedikasi sebagai pengurus OSIS yang baik dan cantik sepertiku HAHAHA.

BIKIN PROPOSAL > AJUIN > CORET SANA SINI > KOREKSI > AJUIN > ACC
Bikin proposal ini yang paling males. Apalagi kalo udah dicoret sana-sini sama pak Djarod. Ckck. Dananya kebanyakan lah, rincian kegiatannya kurang jelas lah, dll. Minta dana banyak, nggak boleh. Cari sponsor, nggak boleh. Maunya apa coba -__- mending kalo Cuma sekali koreksi, kalau udah berkali-kali? Keterlaluan.

DICAP BUKAN PELAJAR YANG BAIK
Jadi gini… Seperti yang saya dengar dan saksikan sendiri, banyak guru yang beranggapan bahwa pengurus OSIS itu bodoh, goblok, nilainya jeblok, remidi terus. Hello??? Pak, Bu, nggak semuanya kaliii. Tergantung individunya juga lah kalau udah menyangkut pelajaran gini. Pernah juga salah seorang guru sok-sok an ngerti OSIS dan nge-judge. Di kelasku. Sini nggak terima dong.  Langsung aja aku bales. Kata-katanya rada kasar dikit tapi yaudah sih, emang itu oknum guru nyebelin banget pake acara ngritik segala. Mana kritikannya sok tau lagi. Ada juga oknum guru yang membanding-bandingkan antara OSIS dengan organisasi lain, dan kelihatan sekali lebih “menyayangi” mereka. Ew. Mentang-mentang kebanyakan dari mereka masuk Rohis, ya Pak?
 
 
 
LPJ
Laporan Pertanggungjawaban ini adalah tugas kami yang paling akhir setelah wawancara jabatan adik kelas. Hm… Repot banget nyusun ini. Apalagi pas sehari sebelumnya, softfile jadi nggak karuan karena nggak tau siapa, ngutek-ngutek itu laporan. Akhirnya aku yang ngedit semuanya sampe jari-jari tangan ini tidak nampak indah lagi *halah*. Dan… Setelah susah payah, di hari-H LPJ masih juga dapet kritikan dari pak Djarod *apa salah kami Ya Allah* dan disuruh revisi lagi (tapi tetep ditandatangani dan sampai sekarang tidak pernah ada revisi hahaha :p)

Sepertinya tulisan ini terlalu panjang, karena sudah masuk lembar keempat. Sebenarnya masih terlalu banyak hal-hal yang belum sempat dituliskan. Tapi nggak masalah, sambung lain kali :3
Sekian sedikit curhatan dari seorang Ketua 2 OSIS angkatan 2009/2010, angkatan Horsa 2008-selamanya :D maafkan karena saya tidak pandai merangkai kata-kata yang baik hihi :p See you in the next article~~ 
 
 
 
 
Share

5 komentar:

aahaah keren banget kak,aku juga mau jadi pengurus osis nih,,deg degan banget..katanya sih ada tes tertulis,wawancra,ama tes fisik,,,,

Masih ada aja senior-junior.untung di sekolahku gaada jadi gaada tuh namanya i'am the boss follow my rules atau beberapa sistem senior-junior yang jadi pengalaman kamu diatas

Kapan ada postingan lagi. Ada yang posting mbog :D

mampir di blog ini memberikan pengalaman baru
terimakasih gan

info yang di tampilka sangat menarik
ditunggu info info lain nya

Posting Komentar

karena teman2 masih ada yang bingung cara komentar ni caranya : Pertama pada menu "beri komentar sebagai" pilih yang "name/URL', isi nama,klo URL mau diisi atau gak gak papa, klik lanjutkan, trus tinggal ketik aja komentarnya..

Ayo ramaikan..!!!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More